Disini saya akan mengajar matematika kelas 1 Sekolah Dasar Semester 1 pada bab 2 tentang Satuan Pengukuran Waktu. Mengingat murid kelas 1 masih dalam pertumbuhan , saya mencoba mengaplikasikan sub Satuan Pengukuran Waktu berdasarkan aktivitas mereka sehari-hari. Agar mereka memahami dan mengerti matematika sesungguhnya, yang mana matematika bukanlah mata pelajaran yang hanya mengenal angka dan mata pelajaran yang harus disegani. Sehingga mereka dapat mengetahui matematika merupakan ilmu tetntang pola urut. Selain itu saya mengharapkan para siswa yang saya ajarkan memiliki jiwa kreatif sedini mungkin agar mereka menyukai matematika untuk lebih lanjut.
Setelah saya membaca buku bimbingan JOHN A. VAN DE WALLE, saya mendapatkan perbedaan antara kurikulum KTSP dengan buku tersebut. Dimana tujuan dari isi buku tersebut tidak jauh berbeda dengan KTSP yang membedakan JOHN A. VAN DE WALLE mengacu bahwa matematika tidak hanya sekedar angka dan teori matematika adalah ilmu pola dan urutan dimana dalam mengerjakannya dapat dikerjakan dengan berbagai cara yang terkait. Sedangkan kurikulum Indonesia khususnya KTSP yang tidak terlalu mengarah pada pola dan urutan, kurikulum ini sebagian besar mengacu pada rumus dan angka.
Dari kedua kurikulum tersebut yang paling cocok untuk mengajar murid kelas 1 yaitu kurikulum Amerika yaitu buku JOHN A. VAN DE WALLE karena buku ini mengajarkan para guru mengajarkan kepada murid yang masih belia sesuai dengan kehidupan nyata mereka.
Selain itu cara mengajar saya terpacu setelah saya mengetahui disalah satu sekolah dasar ada seorang guru yang menjadi wali kelas di kelas 1 yang bernama ibu bedah, beliau mengeluh cara mengajar beliau selama 5 tahun tidak dapat diterima dengan baik oleh muridnya, walaupun setiap tahun muridnya berganti-ganti dan ia merasa harus berubah cara mengajarnya. Setelah saya mengetahui mengapa hal tersebut terjadi saya berusaha mengajar dikelas yang sama dengan jumlah murid yang sama yaitu sebanyak 25 siswa dengan metode cara mengajar saya. Dimana dalam mengajar kepada murid kelas 1 saya mengaplikasikan pelajaran matematika dengan kehidupan nyata mereka, sehingga mereka tidak merasa jenuh dan tidak menganggap matematika adalah mata pelajaran yang penuh dengan angka dan harus ditakuti.

Baiklah mari kita belajar tentang Satuan Pengukuran Waktu!!!
Tema makan dan kesehatan.

Pagi ini ia menikmati sarapan dengan lahap
Ia makan nasi, sayuran dan lauk, tidak lupa ia meminum segelas susu
Jam menunjukkan pukul 06.00 WIB, tandanya ia harus segera menyelesaikan sarapan.
Sebentar lagi ia harus berangkat sekolah.
- Saya sebagai guru membacakan penggalan cerita diatas dan memerintahkan murid saya mengikutinya. Lalu setelah dibaca dan dimengerti secara bersama-sama, saya memberikan pertanyaan sebagai sebuah pembincangan, sebagai serikut:
· Pukul berapa kalian sarapan?
· Pukul berapa kalian makan siang?
· Pukul berapa kamu makan malam?
Setelah mereka menjawab secara serentak saya memerintahkan mereka untuk menulisnya pada buku latihan matematika mereka dan setelah di jawab saya meminta buku latihannya dikumpulkan. Ternyata jawabannya sangat beragam. Setelah itu saya menjelaskan dengan mengambil salah satu contoh jawaban dari murid saya, dimana jawabannya sebagai berikut:
· Pukul berapa kalian sarapan ? Jawaban Pukul 06.00 WIB
· Pukul berapa kalian makan siang ? Jawaban Pukul 12.00 WIB
· Pukul berapa kamu makan malam ? Jawaban Pukul 19.00 WIB
Dari keterangan diatas saya menjelaskan bahwa dalam aktivitas mereka sehari-hari mengandung pola dan urutan, dimana polanya yaitu mereka makan 3 x dalam sehari yaitu dengan urutan sarapan pagi, makan siang dan makan malam. Selain itu saya juga menjelaskan pola dan urutan yang terjadi pada waktu nya, dimana polanya dan urutannya yaitu:
Pukul 06.00 sampai pukul 12.00 WIB perbedaan waktunya selama 6 jam
Pukul 12.00 sampai pukul 18.00 WIB perbedaan waktunya selama 6 jam
Pukul 18.00 sampai pukul 06.00 WIB perbedaan waktunya selama 12 jam
Polanya dapat ditulis 06.00-12.00-18.00-06.00 =6, 6, 12
Jadi dalam pembahasan pelajaran ini saya dapat menjelaskan kepada siswa bahwa dari aktivitas tersebut terdapat dua pola dan dua urutan seperti yang sudah dibahas diatas.
Mari kita mulai pada pembahasan pertama!!!
1. MEMBACA JAM


![]() |







![]() | ![]() |
Mari kita baca!!!!

Mudah kan membacanya!!!!
Dari contoh gambar diatas saya menjelaskan kepada siswa-siswi dan membacanya lalu saya memerintahkan untuk mengikutinya agar mereka mengerti membaca waktu yang ditunjukkan pada jarum jam. Dimana pada gambar pertama jarum jam menunjukkan pukul satu tepat, pada gambar kedua jarum jam menunjukkan pada pukul dua tepat, pada gambar ketiga jarum jam menunjukkan pada pukul tiga tepat.
Jadi dapat di tarik kesimpulannya dari gambar jam tersebut juga mengandung pola dan urutan, disini saya menjelaskan kepada siswa-siswi bagaimana pola dan urutan terjadi pada gambar diatas.
Polanya yaitu
pukul 1 ke pukul 2 memerlukan waktu 1 jam
pukul 2 ke pukul 3 memerlukan waktu yang sama,jadi polanya antara jam petama sampai jam ke 3 perbedaan waktunya sama yaitu 1 jam.
Sedangkan urutannya, siswa mengetahui urutan jam dari pukul 1 hingga pukul 3
Coba kerjakan contoh soal cerita dibawah ini!!!!
![]() ![]()
| ![]() ![]()
| ![]() ![]()
| ![]() ![]()
| ||||||||||||
didu masuk sekolah pukul…pagi | didu makan siang pukul… | didu bermain dengan temannya pukul…sore | pukul…malam didu mengerjakan PR |
Setelah para siswa mengerjakan soal diatas, saya memerintahkan kepada mereka untuk menulis aktifitas meraka selama satu hari disertai dengan gambar serta pola dan urutannya, sehingga aktifitas mereka dapat diaplikasikan pada mata pelajaran matematika. Lalu apa yang mereka kerjakan saya aplikasikan kepermainan, dimana saya mempertanyakan kepada siswa yang siapa yang bangun paling awal. Dari pertanyaan tersebut saya mendapatkan 15 siswa yang rajin dan 5 siswa sedang, 5 siswa kurang rajin. Lalu saya memerintahkan mereka maju kedepan kelas secara berpola dan berurutan. Yang bangun pukul 05.30 disebelah kanan, 06.00 ditengah, 06.30 disebelah kiri. Dari urutan para siswa terlihat pola dan urutannya , yang mana polanya memiliki perbedaan waktu 30 menit antara tiga perbedaan tersebut dan memiliki urutan dari bangun yang lebih awal, sedang, lambat.
Marilah kita lanjut kepelajaran ke 2!!!!
2. Menentukan pagi, siang dan malam
![]() ![]()
| ![]() ![]()
| ![]() ![]()
| |||||||||
Pukul tujuh pagi | Pukul satu siang | Pukul tujuh malam | |||||||||
Penulisan pukul 1 swampai 12 siang tetap seperti yang ditunjukkan oleh jarum jam | Jam menunjukkan pukul 1, karena melampaui pukul 12 siang maka penulisannya 12 + 01 = 13 | Jam menunjukkan pukul 7 karena melampaui pukul 12 siang maka penulisannya 12 + 07 = 19 |
Dari pelajaran ini saya menjelaskan kepada para siswa tentang perbedaan antara jam yang terjadi pada pagi hari, siang hari serta malam hari, walaupun jam berputar pada angka yang sama tetapi cara menulisannya berbeda. Disini saya menerangkan cara penulisan jam yang sudah malampaui pukul 12 siang, seperti yang sudah dijelaskan pada tabel diatas.
Selain itu dari tabel diatas telah terdapat pola dan urutan, dimana perbedaan antara pukul tujuh pagi hingga pukul tujuh malam memiliki perbedaan waktu selama 6 jam.
Polanya yaitu, 07.00Ã 13.00 perbedaan waktunya 6 jam
13.00 Ã 19.00 perbedaan waktunya 6 jam
Jadi penulisan polanya yaitu 6, 6. Sedangkan urutannya siswa mengetahui waktu pada pagi hari, waktu pada siang hari dan waktu pada malam hari yang terjadi pada satu hari.
![]() | ![]() | ||









![]() | ![]() | ![]() | ![]() | ||||
Saya memerintahkan kepada siswa untuk menjawab serta menentukan pola dan urutannya. Jadi mereka menerapkan apa yang saya jelaskan pada pertanyaan diatas. Setelah itu saya kembali menggali kreatifitas para siswa yang saya ajarkan untuk membuat karya mandiri

![]() |

Kamu ingin bisa membuat jam untuk bermain caranya gampang
1. Jiplaklah lingkaran jam lengkap dengan angkanya kemudian guntinglah
2. Temple dikardus / kertas karton
3. Jiplaklah jarum panjang dan jarum pendek kemudian guntinglah
4. Ajak teman mu untuk bermain bersama
5. Salah satu yang memasang jarum jam yang lain menyebutkan pukulnya
6. Sekarang bergantian siapa giliran memasang jarumnya.
Dengan saya memberikan tugas ini menumbuhkan jiwa kreatifitas siswa saya selain itu siswa tidak akan merasa jenuh dengan matematika, dari permainan tersebut siswa dapat menemukan pola dan urutannya. Polanya siswa dapat mengetahui pukul berapa yang harus ia temukan, sedangkan urutannya mereka saling bergantian dengan temannya untuk menentukan waktu.
Mari kita lanjut ke pelajaran ke 3!!!
3. Menentukan lama kegiatan berlangsung


Lama siswa belajar di kelas. Sebentar siswa istirahat
Dalam pelajaran kali ini saya akan menjelaskan tentang lamanya kegiatan berlangsung dimana siswa harus menentukan waktunya dengan melihat kegiatan yang sedang berlangsung. Dalam pelajaran ini juga mengandung pola dan urutan, polanya yaitu lamanya kegiatan itu berlangsung apakah lama atau sebentar. Sedangkan urutannya yaitu siswa dapat mengetahui urutan waktu yang lama dan waktu yang sebentar pada kegiatan.
Saya mencoba mempertanyakan pertanyaan kepada siswa saya melalui table dibawah ini.
Anak-anak kalian akan melakukan kegiatan ini lama atau sebentar????
Kegiatan | lama | sebentar |
Belajar | ya | |
Mandi | | ya |
Makan | | ya |
Tidur | ya | |
bermain | | ya |
Jawaban ini saya ambil dari salah satu murid saya, dimana semua murid beraneka ragam jawabannya.

Jika kalian tidur pada pukul 1 siang dan bangun pada puku 2 siang, maka berapa lama kalian tertidur??
Jawab siswa:
1. Dari pukul 1 ke pukul 2 memerlukan waktu 1 jam, jadi waktu tidur selama 1 jam.
2. Lama tidur siang adalah 2-1 = 1
Jadi tidur selama 1 jam
Dari jawaban siswa dapat dilihat dalam sebuah pertanyaan dapat dikerjakan dengan beberapa cara seperti kegiatan diatas. Dan dari cara tersebut adanya pola dan urutannya.
Marilah kita kepelajaran ke 4!!!!!
4. Nama-nama hari
Ayoo kita nyanyikan lagu ini secara bersama-sama
Nama-nama hari
Senin selasa rabu kamis
jumat sabtu minggu
itu nama-nama hari
sebagai awal pembuka pelajaran saya mengajak para murid untuk menyanyikan lagu nama-nama hari agar mereka semangat.
Dalam satu minggu ada tujuh hari, nama-nama hari dalam satu minggu
![]() | |||
![]() |
Lengkapi nama-nama hari dibawah ini!!!!
Senin |
…. |
Rabu |
kamis |
….. |
….. |
minggu |
Dengan pertanyaan disamping saya memerintahkan siswa untuk menjawab serta mengurutkan hari pada kolam yang kosong. Pola dari pelajaran ini yaitu pergantian hari dari hari kehari yang terjadi salama 24 jam, sedangkan pola urutannya yaitu siswa dapat mengurutkan hari secara berurutan dari hari senin hingga hari minggu.
Marilah kita lanjut ke pelajaran ke 5!!!!!
5.Nama-nama bulan
Januari | Februari | Maret | April | Mei | Juni |
Juli | Agustus | September | Oktober | November | Desember |
Inilah nama-nama bulan dalam satu tahun, dalam pelajaran kali ini saya menjelaskan tentang nama-nama bulan dalm satu tahun. Setelah saya selidiki ternyata tidak semua siswa dapat menghapal nama-nama bulan dengan baik, masih harus diperbaiki. Dengan itu saya membuat permainan tentang pelajaran ini, dimana siswa diwajibkan menuliskan nama-nama bulan pada karton yang berbeda warna,lalu setelah jadi siswa harus mengingat warna serta nama bulan yang dituliskan. Lalu saya kocok dan saya tunjukkan hanya warnanya saja, murid saya harus mengetahui bulan apa yang terdapat pada karton tersebut.
Januari | Februari | Maret | April | Mei | Juni |
Juli | Agustus | September | Oktober | November | Desember |
LATIHAN TERBIMBING!!!!
Warna Kuning | JANUARI |
Warna hijau muda | FEBRUARI |
| |
| |
| |
| |
| |
| |
| |
| |
| |
| |
Setelah para siswa menjawab pertanyaan di atas saya dan siswa menentukan pola dan urutannya, dimana polanya yaitu jarak antara bulan pertama ke bulan ke dua kurang lebih 30 hari dan urutannya mengurutkan bulan Januari sampai bulan Desember.
Sekian pengajaran saya pada bab Satuan Pengukuran waktu pada kelas 1 semester 1, saya berharap semua murid saya mengerti dan memahami apa yang sudah saya ajarkan.
Terima Kasih, Wassalam
Tidak ada komentar:
Posting Komentar